Meine

My life, My adventure, My story..

Pages

Mahasiswa Baru? Pilih dirimu !!



 *Tulisan ini akan terbit di koran Identitas dengan perubahan, ini aslinya ! 
Selamat membaca, renungkan di mana posisimu :)
Selamat datang para generasi muda, sang revolusioner di kampus merah. Hadir sebagai mahasiswa baru yang lolos seleksi di Universitas Hasanuddin pasti terselip rasa bangga. Perjuangan dan penantian itu kini terbayar dengan telah berubahnya status dari siswa menjadi seorang mahasiswa.
            Angan melayang dengan sejuta impian. Saya ingin jadi lulusan terbaik, saya ingin dapat beasiswa ini, saya ingin ikut lomba ke luar negeri, saya ingin masuk organisasi ini ataupun saya ingin menjadi mahasiswa biasa saja.
            Ketika menjadi mahasiswa, segala keputusan itu kita pilih sendiri dengan konsekuensinya masing-masing. Ini membuat mahasiswa kini digolong-golongkan. Seringkah kalian mendengar kata “Kupu-Kupu”, “Kura-Kura” dan “Kunang-Kunang” ?
            Kupu-Kupu ialah istilah yang dinobatkan untuk mahasiswa yang hidupnya  kuliah-pulang kuliah-pulang. Mahasiswa seperti ini ialah tipe mahasiswa yang pagi hari bangun lalu berangkat kuliah tepat waktu, pulang kuliah juga tepat waktu. Lalu, hanya berada di kamar indekosnya mengerjakan tugas kuliah malam harinya. Ibarat katak dalam tempurung.
            Berbeda dengan “Kupu-Kupu” ada juga tipe mahasiswa yang dijuluki “Kunang-Kunang”. Mahasiswa seperti ini kerjaannya hanya Kuliah dan Nangkring. Sepulang dari kampus, nangkring entah di mall, di cafe bersama teman-temannya.
            Lain halnya dengan mahasiswa “Kura-Kura”, mahasiswa seperti ini pergi kuliah lalu pulangnya ikut rapat. Tipe mahasiswa ini ialah aktif di organisasi kemahasiswaan. Jadi, ketika pulang kuliah tak langsung ke kamar indekosnya.
            Berbicara organisasi kemahasiswaan, Unhas memiliki segudang organisasi. Salah satunya ialah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di kampus ini terdapat 32 UKM. Pusing memilih UKM yang sesuai dengan dirimu? Tenggoklah sedikit wejangan di bawah ini.

              1. Kenali minat dan bakatmu

            Sebelum memutuskan masuk di organisasi apapun itu, haruslah dulu kamu kenali minat dan bakat. Jangan sampai masuk organisasi yang tidak sesuai dengan minat dan bakat, terlebih karena ikut-ikutan teman. Hal ini parah karena akan membuatmu tidak lama bertahan di organisasi yang kamu geluti.
           
            2. Perbaiki niat masuk organisasi
            Dalam posisi ini, kamu harus menguatkan hati dan bertanya pada batinmu untuk apa saya masuk organisasi ini? Jika untuk mengembangkan bakat dan memajukan organisasi, yah lanjutkan saja. Namun kalau ingin memasuki suatu organisasi karena hanya ingin kepopuleran atau karena memiliki niat terselubung ingin merebut hati salah seorang pengurus organisasi, eitss niat mulai belok-belok, lebih baik tinggalkan. Perbaiki niatmu anak muda, berkaryalah dengan motivasi positif.

            3. Kenali organisasinya sambil kaji visi misi
            Setelah mengenali bakat ataupun minat, dan memperbaiki niat barulah kita mencari organisasi. UKM di Unhas terbagi menjadi empat bidang yakni bidang seni, olahraga, kemanusiaan, dan penalaran.
Jika kamu memiliki bakat/minat di bidang seni, di Unhas tersedia UKM Tari, UKM Fotografi, UKM Liga Film, UKM Teater Kampus Unhas (TKU), UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dan UKM Radio Kampus EBS FM.
Suka berolahraga ? UKM Sepak Bola, UKM Bola Basket, Bola Voli, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Hockey, Sepak Takraw, Softball-Baseball, Perbakin, Pencak Silat, Karate-Do, Taekwondo, Shoronji Kempo, Renang dan Catur siap menerima anda.
Gemar bergelut di dunia kemanusiaan? Andalah yang dibutuhkan di UKM Search and Rescue (SAR), UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), UKM KSR PMI, UKM Korps Pencinta Alam (Korpala), UKM Pramuka, UKM Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pencinta Mushalla (LDK-MPM) dan UKM Koperasi Mahasiswa (Kopma).
Lebih tertarik akan dunia keilmuan dan penalaran ? Di sini tempatnya UKM Debat Bahasa Inggris, UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (KPI) dan UKM Pers Mahasiswa (UKPM).
            Setelah mengenali organisasinya, kajilah visi misi dari setiap organisasi itu agar anda mengetahui apa yang nantinya dikerjakan ketika bergabung di dalamnya. Jangan sampai anda anda bergabung  setelah menjadi anggota langsung pasif karena tak mengerti ritme organisasinya.


            4. Jangan terlalu nyaman di organisasi
            Pada tahap ini, janganlah menjadi mahasiswa yang terlalu nyaman berada di organisasi lalu mengabaikan kepentingan akademik. Biasanya ada beberapa mahasiswa terlalu larut akan aktivitasnya di organisasi hingga mengesampingkan akademik. Dalam organisasi tak bisa dipungkiri memang terkadang ada kegiatan yang bertabrakan dengan waktu kuliah. Namun, patut diingat bahwa kehadiranmu di kampus merah ini untuk menuntut ilmu, skill yang diperoleh di organisasi hanya menjadi nilai plus lainnya jika ingin menerapkan ilmu. Di sini manajemen waktu menjadi kunci untuk menyeimbangkan organisasi dan akademik.

            5.  Jangan lupakan pekerjaan di rumah
            Biasanya mahasiswa yang aktif kuliah lalu ikut berorganisasi akan sering pulang malam bahkan larut ke tempat tinggalnya. Hal ini membuat pekerjaan di rumah sering dilalaikan. Jika tinggal dengan orang tua atau keluarga ini tak menjadi masalah karena akan ada orang yang membereskan namun jika tinggal sendiri bagaimana ? Jangan pernah melalaikan hal ini, karena lingkungan tempat tinggal juga harus dirawat agar suasana kondusif selalu untuk belajar dan berorganisasi. 


 Beginilah sedikit tips jika ingin bergabung menjadi mahasiswa "Kura-Kura". Semoga sukses atas pilihanmu! 

Ini dia tulisannya setelah terbit :)
 

0 comments:

Post a Comment